Selasa, 05 Mei 2015

BAB 1 PENDAHULUAN

Pendahuluan "akuntansi Internasional"
Nama : Sari Wahyu (26211620)
             Sekar Wulansari (26211655)
Kelas : 4EB04
PENDAHULUAN
Akuntansi memainkan peranan penting dalam masyarakat. Akuntansi cabang dari ilmu ekonomi, akuntansi menyediakan informasi tentang perusahaan dan transaksinya. Akuntansi internasional yaitu transaksi yang melintasi batas-batas negara atau suatu entitas dengan kewajiban pelaporan kepada para pengguna yang beralokasi di negara selain entitas pelaporan. Akuntansi mencakup beberapa proses yang sangat luas yaitu pengukuran, pengungkapan, dan pemeriksaan. Pengukuran adalah proses mengidentifikasi, mengelompokan, dan menghitung aktivitas ekonomi atau transaksi. Pengungkapan adalah proses di mana pengukuran akuntansi dikomunikasikan kepada para pengguna yang diharapkan. Pemeriksaan adalah proses di mana kalangan profesional akuntansi khusus (auditor) melakukan pengujian terhadap kendala proses pengukuran dan komunikasi.

SUDUT PANDANG SEJARAH
Sejarah akuntansi adalah sejarah internasional. Permulaannya, sistem pembukuan berpasangan, yang umumnya dianggap sebagai awal terciptanya akuntansi.yang berawal dari negara-negara Italia pada abad ke-14 dan 15. Berkembangnya didorong dengan pertumbuhan perdagangan internasional di Italia Utara selama masa akhir abad pertengahan dan keinginan pemerintah untuk menemukan cara dalam mengenakan pajak terhadap transaksi komersial. Italia membuat pembukuan yang isinya beralih ke Jerman untuk membantu para pedagang pada zaman Fugger. Kemudian gagasan akuntansi sampai ke Inggris. Kebutuhan-kebutuhan di Inggris menyebabkan tumbuhnya masyarakat akuntansi pada tahun 1850-an. Profesi akuntansi terorganisasi di Skotlandia dan Inggris selama tahun 1870-an. Model akuntansi Belanda juga digunakan di Indonesia. Kekuatan ekonomi Amerika Serikat tumbuh selama paruh abad ke-20 dan masalah akuntansipun muncul bersamaan. Sekolah-sekolah bisnis pun membantu merumuskan bidang-bidang masalah. Setelah Perang Dunia ke-2, pengaruh akuntansi makin terasa.

SUDUT PANDANG KONTEMPORER
Ada beberapa factor tambahan untuk menambah pentingnya belajar tentang akuntansi internasional. Faktor-faktor ini tumbuh dari pengurangan yang signifikan dan terus menerus atas hambatan perdagangan dan pengendalian modal secara nasional yang terjadi bersamaan dengan kemajuan teknologi informasi. Apendiks 1-1 menyajikan informasi terpilih atas perubahan dalam kebijakan sektor keuangan. Seluruh dunia melakukan privatisasi atas perusahaan keuangan-milik pemerintah terutama bank. Kemajuan teknologi menyebabkan perubahan radikal dalam ekonomi produksi dan distribusi. Hubungan timbale balik menjadi karakter hubungan perusahaan dengan pemasok, perantara, dan pelanggan digantikan dengan hubungan kerja sama global dengan pemasok, pemasok, pemasok, perantara, pelanggan dan pelanggan dari pelanggan. Tampilan 1-1 menunjukkan ilustrasi kontemporer proses alih kontrak. Dalam memproduksi ProLiant ML 150, sebuah kotak kecil dapat menolong perusahaan dalam mengelola basis pelanggan dan menjalankan system e-mail yaitu, Hewlett-Packard (H-P) beralih ke sumber tenaga kerja murah yang sudah umum di Cina dan India. Namun H-P juga memutuskan untuk membuat beberapa ML 150 di lokasi-lokasi dengan biaya lebih tinggi seperti Singapura dan Australia karena lebih dekat dengan pelanggan, dan disetujui di Houston, dan dipindahkan ke Taiwan. Cina memiliki upah yang rendah, kemudian pertimbangan mulai ada dari logistic sehingga kebijakan tariff tentang H-P tidak meletakkan seluruh lini di Cina. Butuh waktu yang lama untuk menciptakan mesin produk dari Cina agar diterima pelanggan. Pengiriman ke India dapat menyebabkan tariff yang tinggi dan masuk akal untuk dapat memproduksi ML 150 di India.

PERTUMBUHAN DAN PENYEBARAN OPERASI MULTINASIONAL
Bisnis internasional secara tradisional terkait dengan perdagangan luar negeri. Di masa lampau perdagangan jasa kalah dengan perdagangan barang. Di masa sekarang perdagangan jasa berkembang dan mendapatkan keuntungan lebih signifikan dibanding perdagangan barang. Ada pula sekarang lebih terkenal ekspor dan impor. Perdagangan pada tingkat mikro hanya perlu diamati pengungkapan operasi luar negeri setiap MNC besar. Perdagangan saat ini sangat bersifat global. Kegiatan ekspor dan impor adalah akuntansi untuk transaksi dalam mata uang asing. Bisnis internasional saat ini melebihi perdagangan luar negeri dan meningkatkan asosiasi dengan investasi asing langsung yaitu, pendirian system manufaktur dan membentuk afiliasi seutuhnya, usaha patungan atau aliansi strategis. Terlihat jelas adanya bias Negara maju terhadap investasi asing. Tahun 1990-an bias ini dapat menunjukkan MNC bahwa negara-negara tuan rumah menjadi lokasi investasi yang menarik. Operasi yang dilakukan di luar negeri membuat manajer akuntan dan akuntansi mengahadapi banyak resiko yaitu banyak masalah. Contohnya, bagaimana MNC seperti Nestle melaporkan hasil operasinya baik domestik atau internasional. Pemeriksaan terhadap kebijakan akuntansi atas konsolidasi Nestle menunjukkan perusahaan pertama-tama harus menyajikan ulang seluruh akun luar negerinya sesuai kerangka konseptual pelaporan induk perusahaan sebelum terjadi konsolidasi. Laporan auditor atas Nestle harus sesuai dengan IFRS yang dikeluarkan oleh IASB dan juga harus sesuai dengan IFRIC. Nestle melakukan ini dikarenakan di negara-negara tingkat inflasi sangat tinggi otomatis merubah daya beli mata uang local sebelum konsolidasi karena perubahan harga secara umum jarang bergerak bersamaan dengan perubahan spesifik.

INOVASI KEUANGAN
Manajemen resiko menjadi istilah terkenal di lingkungan perusahaan dan manajemen. Perputaran naik turunnya harga komoditas, valuta asing, kredit, dan ekuitas tidak langsung berdampak ke proses pelaporan internal, tetapi juga membuat perusahaan berhadapan pada resiko menderita kerugian ekonomis. Tujuan aktivitas perusahaan dalam memutuskan resiko mana yang perlu dilindungi dan mengevaluasi hasil strategi manajemen risiko yang dijalankan. Kemajuan teknologi dalam keuangan dapat mengakibatkan pergeseran risiko keuangan ke orang lain. Beban untuk mengukur risiko antar pihak tidak bias dialihkan dan berada pada sekelompok besar pelaku keuangan. KOMPETISI GLOBAL Akuntansi internasional adalah fenomena kompetisi global. Penentuan acuan, suatu tindakan untuk memperbandigkan kinerja satu pihak dengan suatu standard yang memadai. Standar perbandingan kini melewati batas-batas nasional. Seseorang harus berhati-hati pada pesaing internasional untuk memperbandingkan perbandingan yang dipastikan.
MERGER DAN AKUISISI LINTAS BATAS NEGARA
Berlanjutnya global atas konsolidasi industry, merger dan akuisisi internasional praktis merupakan kenyataan sehari-hari. Istilah dari merger adalah sinergi operasi atau skala ekonomi. Akuntansi berperang penting karena angka-angka yang dihasilkan bersifat mendasar dalam proses penilaian perusahaan. Perbedaan aturan pengukuran akuntansi dapat menimbulkan arena bermain yang tidak sebanding dalam pasar untuk memperoleh kendali perusahaan.

INTERNASIONALISASI PASAR MODAL
Faktor yang berpengaruh lebih pada akuntansi internasioanal di kalangan eksekutif perusahaan,investor, regulator pasar, pembuat standard akuntansi dan para pendidik ilmu bisnis adalah internasionalisasi pasar modal seluruh dunia. Arus modal lintas batas pada data statistik melihatkan melonjak 20 kali lipat dari tahun 1990 dan nilai penawaran sekuritas internasional naik lebih 4kali lipat dan mencapai nilai 1,5 triliun dolar. Para bank investasi memperkirakan investasi perlindungan dana retail akan naik hingga 2,5 triliun dolar pada tahun 2010. Dengan peningkatan ini sejumlah perusahaan menjadi meningkat yang terdaftar pada bursa efek seluruh dunia. Kapatalisasi pasar modal telah bertambah menjadi 40 triliun. Peningkatan yang paling mengesankan terjadi di pasar-pasar keuangan yang sedang berkembang. Wilayah dengan pasar modal terbesar adalah Benua Amerika, Asia Pasifik, dan Eropa. Pasar modal wilayah tersebut telah berkembang secara signifikan.
AMERIKA
Ekonomi AS dan pasar sahamnya berkembang tanpa henti selama tahun 1990. NSYE dan NASDAQ mendominasi bursa efek lain di seluruh dunia dengan kapitalisasi pasar, nilai perdagangan saham domestik, nilai perdagangan saham asing, jumlah perusahaan domestik yang mencatatkan saham dan sejumlah perusahaan yang mencatat sahamnya. Tuntutan kompetisi global juga dirasakan Amerika. Komite Pengaturan Pasar Modal yang anggotanya ditunjuk SEC dan berkoordinasi dengan Dewan Keuangan Federal Pemerintah dan Departemen Keuangan Amerika Serikat menetapkan AS akan kehilangan pengaruhnya ke pasar modal kecuali jika AS merampingkan berbagai ketetapan peraturan permodalannya, yang oleh pasar dirasa berat.

EROPA BARAT
Eropa merupakan wilayah pasar ekuitas terbesar di dunia dalam kapitalisasi pasar dan volume perdagangan. Pertumbuhan pasar ekuitas Eropa sangat cepat pada tahun 1990. Faktor Eropa continental yaitu perubahan perlahan ke ekuitas yang lama menjadi cirri pasar ekuitas London dan Amerika Utara. Privatisasi yang dilakukan perusahaan besar milik pemerintah membuat pasar ekuitas Eropa menjadi lebih penting. Reformasi pension telah menimbulkan permintaan baru terhadap kesempatan investasi. Bnayak investor asing masuk pasar ekuitas Eropa. Arus kuitas meningkat dibandingkan arus globalisasi lintas bats. Kelahiran mata uang euro menimbulkan merger lintas batas. Persaingan terus menerus diantara busa efek Eropa yang ikut berperan membangun kultur pasar modal. Tahun 1990 pasar modal di Eropa menjadi terarahkan pada kpentingan para investor untuk meningkatkan kreditabilitas mereka dan untuk menarik minat investor baru. Pasar modal menjadi tata kelola perusahaan. Para regulator sekuritas dan bursa efek Eropa menerapkan tata peraturan pasar yang lebih ketat agar memprkokoh upaya penegakan dan peraturan tersebut.

ASIA
Asia akan menjadi pasar ekuitas terbesar kedua. Cina sebagai perekonomian global di Asia. Pengkritik berpendapat pengukuran akuntansi, pengungkapan, dan standard auditing di Asia lemah. Pemerintah Asia akan melakukan intervensi dalam pasar ekuitas untuk meningkatkan harga saham memanipulasi pasar bukanlah hal yang tidak umum. Prospek prtumbuhan pasar ekuitas di Asia tampak kuat. Kapatalisasi pasar di Asia rendah dibanding Amerika dan Eropa. Pasar ekuitas dapat memainkan peranan lebih besar di banyak perekonomian Asia. Pemerintah dan bursa efek Asia di bawah tekanan untuk memperbaiki kualitas dan kreditabilitas untuk menarik para investor.

PENCATATAN dan PENERTBITAN SAHAM LINTAS BATAS NEGARA
Perusahaan penerbit saham melakukan pencatatan lintas batas di Eropa untuk memperluas kelompok pemegang saham, meningkatkan kesadaran pada produk mereka atau membangun kesadaran masyarakat pada perusahan khususnya negara-negara yang mempunyai operasi yang signifikan atau pelanggan utama. Regulator nasional dan bursa efek berkompetisi dalam pencatatan saham asing dan volumeperdagangan adalah hal penting bagi bursa efek untuk dijadikan atau mempertahankan posisi sebagai pemimpin global. Regulator pasar Eropa bekerja untuk membuat akses masuk yang cepat dan murah bagi perusahaan asing penerbit saham dan meningkatkan kreditabilitas mereka. Banyak perusahaan Eropa mengalami kesulitan ketika memutuskan di mana meningkatkan jumlah modal atau mencatatkan sahamnya. Pengetahuan pasar ekuitas dengan hukum, aturan, dan karakter sangat diperlukan. Perubahan di pasar modal dunia tidak menunjukkan tanda melambat. Makin bertambahnya konsolidasi dan kerja sama di antara bursa efek dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar